Sangat Penting Guru Memahami Ilmu Psikologi Pendidikan

Pada kesempatan kali ini, sekilas berbagi tentang artikel pendidikan mengenai betapa pentingnya psikologi pendidikan dalam mengarungi dunia pendidikan sekarang. Untuk lebih jelasnya di bawah ini Urain singkat tersebut :
 
Ilmu psikologi pendidikan adalah ilmu yang sangat penting dikuasai oleh seorang guru sebagai pendidik dan pengajar. Perlu diketahui beberapa manfaat mengapa guru perlu mempelajari ilmu psikologi.
Namun, “Bagaimanakah bila seorang guru belum pernah mendapatkan pendidikan psikologi pada bangku sekolahnya dahulu?”, “Apakah guru tersebut mampu mendidik muridnya dengan baik?”, dan “Apakah guru tersebut berbeda dengan guru yang pernah mempelajari ilmu psikologi dalam mendidik muridnya.

 Psikologi pendidikan terdiri dari kata psikologi dan pendidikan. Psikologi berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa.

Maka psikologi merupakan kajian ilmiah mengenai tingkah laku dan proses mental. Sedangkan psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang khusus mempelajari aktivitas-aktivitas atau tingkah laku manusia dan proses mental yang terjadi dalam proses pendidikan.


Sehingga dengan adanya ilmu psikologi pendidikan, maka akan membantu kegiatan belajar mengajar menjadi lancar dan sesuai dengan tujuan. Guru akan memahami dan tahu bagaimana cara mendidik siswa-siswinya sesuai dengan tahap perkembangannya.

Sebagaimana yang terjadi sebelum ilmu psikologi memasuki dunia pendidikan, orang beranggapan bahwa penguasaan mengenai bahan pelajaran yang akan diberikan kepada anak didik merupakan satu-satunya syarat yang harus dipenuhi bagi guru termasuk calon guru. Akan tetapi dengan terjadinya perkembangan yang luas dalam dunia ilmu pengetahuan psikologi pada umumnya dan psikologi anak khususnya, adalah disebabkan oleh adanya penyelidikan yang bersifat empiris eksperimental, maka anggapan di atas mulai berubah.

Perubahan itu mulai timbul pada abad ke-19, orang mulai menyadari dan menginsyapi bahwa pengetahuan secara mendalam mengenai mata pelajaran yang diberikan belum cukup untuk menjadi guru yang baik. Di samping itu, juga dibutuhkan pengetahuan-pengetahuan pelengkap untuk menyiapkan guru secara profesional, pendapat baru itu makin lama makin luas pengaruhnya sehingga dalam abad ke-20 ini negara-negara yang maju telah mendidik tenaga-tenaga ahli yang khusus untuk jabatan guru.

Pada kenyataannya, setiap guru pada suatu lembaga pendidikan seperti Madrasah Diniyah ataupun TPQ di daerah (seperti di Ponorogo) masih belum seluruhnya pernah mempelajari psikologi pendidikan, yang konon belum pernah diajarkan pada tingkat SMA atau Madrasah Aliyah dan dapat dipelajari pada tingkat Perguruan Tinggi. Sedangkan tidak semua guru Madrasah Diniyah dapat melanjutkan sampai tingkat Perguruan Tinggi. Sehingga cara mengajar para guru tersebut masih memakai metode ceramah saja, padahal banyak sekali metode untuk mengajar, sedangkan siswa harus mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama serta duduk dengan tenang.

Namun terkadang siswa juga diharuskan menghafal pada suatu pelajaran tertentu. Dengan begitu maka siswa harus patuh pada apa yang guru perintahkan. Bila tidak melaksanakan para siswa mendapatkan hukuman yang sesuai dengan tingkat pelanggarannya. Misalnya siswa tidak hafal perkalian, maka hukumannya adalah berdiri di depan kelas sambil menghafal sampai hafal.

Seperti yang saya alami pada waktu duduk di bangku SD dulu. Maka hal tersebut termasuk punishmen atau reinforcement positif.

Dengan demikian guru tersebut masih mengajar dengan menggunakan teori belajar behaviorisme. Sehingga siswa diharapkan memiliki pemahaman yang sama terhadap pengetahuan yang diajarkan oleh gurunya.

Padahal seharusnya, para pendidik – khususnya para guru sekolah – sangat diharapkan memiliki atau menguasai pengetahuan psikologis pendidikan yang sangat memadai agar dapat mendidik para siswa melalui proses belajar mengajar yang berdaya guna dan berhasil. Pengetahuan mengenai psikologi pendidikan bagi para guru berperan penting dalam menyelenggarakan pendidikan di sekolah-sekolah.

Dengan demikian, sangat diperlukan figur guru-guru yang berkompeten dan mampu menerapkan prinsip-prinsip psikologis. Guru yang kompeten dalam perspektif psikologi pendidikan adalah guru yang mampu melaksanakan profesinya secara bertanggung jawab.

Jadi seperti itu lah, objek dasar psikologi pendidikan yang harus kita terapkan, Bair mampu mengetahui karakter dasar peserta didik yang kita hadapi setiap hari.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sangat Penting Guru Memahami Ilmu Psikologi Pendidikan"

Post a Comment